Fiat Voluntas Tua

Lokakarya Pengusiran Setan – Liputan 6

| 0 comments

 Liputan6.com, Washington: Percaya tidak percaya setan memang ada. Itulah yang terjadi. Di Amerika Serikat, tepatnya di Baltimore diselenggarakan suatu lokakarya pelatihan khusus mengusir setan. Kegiatan ini sebagai wujud nyata dari banyaknya permintaan umat Katolik Roma Amerika Serikat yang membutuhkan. Tujuan lokakarya ini, seperti dilaporkan Catholic News Service, adalah mengajarkan kepada tokoh-tokoh umat agar bisa melakukan upacara khusus mengusir roh jahat.

Sedikitnya ada 56 uskup dan 66 tokoh umat mengikuti lokakarya selama dua hari yang dimulai sejak Jumat (12/11), demikian seperti dikutip Antara dari kantor berita Reuters. Kini tak lebih dari 5 sampai 6 nama orang yang mempunyai kemampuan mengusir roh jahat di gereja-gereja.

“Ada sekelompok kecil tokoh agama yang mengatakan bahwa mereka mendapat permintaan orang-orang pengusir setan dari seluruh wilayah AS,” kata Uskup Thomas Paprocki dari Springfield, Illionis. “Mestinya, masing-masing daerah keuskupan memiliki sendiri orang-orang pengusir setan” ujar Uskup menambahkan.

Selama ini upacara pengusiran hantu di kalangan gereja Amerika Serikat, seperti digambarkan dalam film horor versi Hollywood ‘The Exorcist’ 1973, dianggap banyak orang sebagai takhayul.

Peraturan gereja Katholik menetapkan, hanya pastor terlatih saja yang dapat melaksanakan upacara pengusiran setan. Itu pun atas izin dari pimpinan, uskup. (Vincent Hakim R)

Leave a Reply

Required fields are marked *.