Fiat Voluntas Tua

Berzinah dalam Hati

| 1 Comment

“Jangan berzinah”

Apa yang disabdakan oleh Yesus ini kiranya masih menggema atau berlaku di Negara Islam yang keras perihal perzinahan. Namun kiranya hukum tersebut baru berlaku jika sungguh terjadi perzinahan secara phisik, sedangkan Yesus mengajarkan lebih mendalam dengan bersabda: “Setiap orang yang memandang perempuan dan menginginkanya sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya”. Menginginkan merupakan langkah awal untuk melakukan dan pada umumnya dalam hal perzinahan berarti laki-laki ingin menguasai dan menikmati tubuh perempuan demi kepuasan dan kenikmatan seksualnya. Tertarik kepada lawan jenis hemat saya wajar dan dikehendaki oleh Tuhan, tetapi bukan untuk menginginkan atau menguasai melainkan untuk memuji dan menghormatinya.

Ketertarikan pada umumnya mulai dari mata dengan memandang atau melihat, maka baiklah kita memfungsikan indera mata kita sebagai wahana untuk memuji dan menghormati apa yang kita lihat. Ketika melihat lawan jenis yang cantik atau tampan marilah kita puji dan syukuri karya Allah, dengan kata lain hendaknya kita semakin beriman kepada Allah yang telah menciptakan perempuan cantik atau laki-laki tampan.

Kepada rekan-rekan perempuan kami berharap hendaknya ketika tampil atau hadir di muka umum dengan sopan cara berpakaian sehingga tidak memancing atau merangsang kaum laki-laki untuk berbuat jahat; jauhkan cara hidup, cara menghadirkan diri yang merangsang orang lain untuk berbuat dosa.

Sebaliknya hadirkan diri di hadapan pasangan atau suami anda sedemikian rupa sehingga merangsang pasangan atau suami untuk mengasihinya. Kepada rekan-rekan kaum laki-laki kami berharap dapat menjaga dan mengendalikan diri ketika melihat lawan jenis yang merangsang. Marilah kita saling membantu agar kita tidak berzinah di dalam hati kita masing-masing. [Ign Sumaryo SJ]

==================================================================

Bacaan Mat 5:27-32

“Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah”

One Comment

  1. makasih untuk tulisan ini…

Leave a Reply

Required fields are marked *.