Fiat Voluntas Tua

Proficiat untuk Uskup Padang

| 7 Comments

Proficiat untuk Mgr Martinus Dgma Situmorang yang hari ini merayakan tahbisan 25 tahun sebagai Uskup. Dua puluh lima tahun yang lalu di usianya 36 tahun, masih sangat muda, ia mendapat penunjukkan dari Takhta Suci vatikan menjadi Uskup Padang. Ia sendiri merasa tidak siap mendapat kepercayaan tertinggi ini. Sementara Otdi Kapusin pun keberatan atas penunjukkan ini.

Tapi kehendak Tuhan lah yang terjadi, keputusan tidak diubah sehingga 11 Juni 1983 Mre Pius Datubara – yang menahbiskannya menjadi imam – bersama Mgr Rumondo Benyamin SX serta Uskup Sibolga Mgr Amitus Bongsu Sinaga OFMCap menahbiskannya menjadi Uskup Padang di Katedral Padang.

Sejak tahun 2006 selain menggembalakan Keuskupan Padang, tanggung- jawabnya bertambah lagi karena ia menjadi nakhoda sebagai Ketua Presidium KWI sampai dengan 2009. Tentu tidak mudah menggembalakan satu Keuskupan dan sekaligus menjadi wakil umat di tingkat kenegaraan meliputi semua provinsi dan Keuskupan.

Meski tak pernah mencita-citakan menjadi Uskup, ia telah terbukti selama 25 tahun tetap setia pada perutusannya sebagai pengganti para Rasul. Selamat juga kepada umat keuskupan Padang, dan terimakasih atas dukungannya membantu Mgr Situmorang menggembalakan Keuskupan Padang sekaligus menjadi gembala umat katolik seIndonesia.

Walaupun saya belum pernah bertemu  secara pribadi, tetapi saat berjumpa dengan beliau di perayaan 25 tahun BPN Karismatik Indonesia di Padang, dengan kerendahan hatinya ia menyalami dan menyapa kami satu persatu begitu turun dari panggung. Tidak heran kalau membaca artikel di Majalah HIDUP # 23, saya percaya bahwa beliau sungguh seorang gembala yang rendah hati. Sekali lagi Proficiat, Kiranya Berkat Tuhan selalu menyertai Mgr Situmorang.

7 Comments

  1. Tanpa saya sadari, sudah 25 tahun uskup kami ini memimpin keuskupan Padang, dan selamat buat Bapa Uskup.
    Saya masih ingat jabatan Bapa Uskup kepada saya ketika dulu saya masih kecil, digenggamnya tangan saya dengan erat, sekitar beberapa saat baru dilepaskan, karena beliau berbicara dengan tante saya, dan ketika itu belum saya ketahui kebiasaan orang Katolik untuk mencium cincin gembala Sang Uskup.
    Setelah jauh di negeri orang, teringatlah saya Uskup tercinta ini..

    Proficiat Mgr. Martinus Dogma Situmorang, OFM Cap

  2. Saya mau minta email address nya bapak Uskup Mgr.Martinus Dogma situmorang OFM.Cap.
    Saya tahun lalu sudah pernah terima dan pernah krim email tapi belum dijawab sampai sekarang

  3. Trima kasih dan selamat kepada Mgr Dogma Situmorang, selaku mantan katekis di Paroki Muara Siberut, saya pernah merasakan kedekatan pribadi dengan Bp Uskup pengalaman berjalan-jalan bersamanya di Muara Siberut masih terkenang di benak saya. Pertanyaan pribadi menyangkut relasi saya pribadi dengan pastor yang selaku rekan Mgr pun masih saya ingat demikianpun, bagaimana rencana penugasan saya di tempat baru. Saya sangat berterima kasih terhadap kedekatan pribadi saat itu. Proficiat sebagai Ketua KWI semoga usai th 2009 masih berlanjut memimpin KWI.

  4. selamat kepada bpk Uskup Padang, Mgr Martinus , semoga Tuhan tetap berkarya melalu hati anda yg tulus.

  5. salam damai sejahtera dan kasih.. saya baru pindah dari jogja ke pekanbaru. bapak uskup, kami sangat berharap dan mendoakan bapak uskup agar dapat terjaga, tumbuh dan berkembang iman kami dibawah penggembalaan bapak uskup. semoga keuskupan padang berkembang pesat dan makin eksis, dan nyata menjadi terang bagi masyarakat sekitar. Amin.

  6. Salam hangat buat Bapa Uskup – Selamat Datang kepada Bapa Uskup kami Mgr. Martinus D. Situmorang OFM Cap. ke Gereja Katolik St. Petrus – Stasi Kulim pada tanggal 5 juni 2011, semoga Bapa Uskup selalu dalam keadaan sehat dan salam damai dari kami OMK Santo Petrus Kulim.

Leave a Reply

Required fields are marked *.