Fiat Voluntas Tua

Menghujat Roh Kudus

| 1 Comment

Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni.

Dalam setiap peraturan, selalu ada saja pasal-pasal ketentuan yang inti, yang kalau dilanggar hukumannya paling berat. Seorang karyawan yang melanggar ketentuan tertentu, misalnya membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak kompetitor, ia bisa mendapat SP-3. Tidak perlu lagi Surat Peringatan I dan Surat Peringatan II. Ada juga perusahaan yang sangat mengutamakan keselamatan, sehingga bila ada yang melanggar aturan keselamatan serta membahayakan orang lain, juga bisa langsung dapat SP-3. Yang menjadi tantangan adalah apakah peraturan-peraturan tersebut harus dipahami semua pihak sehingga saat diterapkan dapat diterima dan dilaksanakan, sehingga terhindarlah kemungkinan penerbitan SP-3.

Injil hari ini mengingatkan kita, pentingnya menghargai karunia Tuhan dan penghormatan akan Roh Kudus. Satu pribadi dari Allah Tritunggal yang harus dipahami para pengikut Kristus. Sulit diterima akal tapi harus diterima dengan iman percaya. Apabila kita tidak memahami rahasia ilahi ini, maka berat sekali resiko yang harus kita tanggung. Maka penting sekali memahami Allah Tritunggal sehingga kita tidak jatuh pada pelanggaran yang terberat dan tak terampunkan.

Allah Bapa dikenal sebagai Allah pencipta, yang menciptakan bumi dan segala isinya. Allah Putera, yang dikenal dengan Yesus Kristus, adalah Allah yang lahir dalam pribadi Yesus sebagai manusia dan menjadi Juru Selamat bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Sedangkan Allah Roh Kudus yang sudah ada sejak bumi dijadikan, diberikan Yesus kepada setiap orang percaya, diberikan kepada manusia.

Roh Kudus merupakan bukti karya Allah pada manusia. Ia lah yang membuat manusia bertobat, merasa berdosa, dan ingin kembali bersekutu dengan Allah. Roh Kudus bertugas menginsyafkan manusia. Roh Kudus juga yang memberikan kemampuan manusia untuk selalu menjadi penuh kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan memiliki penguasaan diri (Roma 8:28).  Roh Kudus juga yang mempertemukan dan menggerakkan orang-orang untuk saling melayani, mereka mengunjungi penjara, meninggalkan keluarga menolong para korban bencana, mencarikan pekerjaan, memberikan makanan bagi yang kelaparan dan hampir mati serta teraniaya.

Roh Kudus juga lah yang membuat manusia berani membela kebenaran, bersaksi dan bertindak jujur. Bahkan banyak yang menjadi martir karena membela kezaliman dan membela yang lemah. Roh Kudus memampukan mereka berkorban demi kebenaran, demi dunia yang lebih baik. Ia bisa bekerja bila manusia mengijinkan dirinya menjadi buah karya Roh Kudus, bila ia memilih mendengarkan apa yang diminta Roh Kudus dalam hati kecilnya terdalam.

Kalau Roh Kudus bisa menggerakkan karya yang luar biasa dalam diri manusia, wajar-wajar saja kalau dikatakan bahwa menghujat Roh Kudus adalah dosa yang tidak terampunkan lagi. Dengan apa lagi manusia bisa insaf kalau Roh Kudus saja ditolak untuk berkarya? Tetapi yang menjadi luar biasa, Roh Kudus tetap berkarya karena kasih orang-orang disekitar mereka yang kehidupannya jauh dari Tuhan. Doa mereka lah yang senantiasa dinaikkan dengan kasih dan pengharapan, membuat Roh Kudus senantiasa bekerja di hati orang-orang yang telah membatu dan mengeras. Tidak ada yang mustahil bagi Allah, justru karena manusia mengijinkan Roh Kudus bekerja dalam dirinya.

Marilah kita senantiasa memberi tempat kepada Roh Kudus agar ia memampukan kita melakukan segala yang baik, bahkan mempertemukan semua orang berkehendak baik demi menciptakan penghidupan dan kehidupan lebih baik saat kita masih berada di dunia.

==============================================================================================

Bacaan Injil Lukas :12:8-12

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, ia akan disangkal pula di depan para malaikat Allah. Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni. Tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, tidak akan diampuni. Apabila kalian dihadapkan kepada majelis atau pemerintah, atau penguasa, janganlah kalian kuatir bagaimana dan apa yang harus kalian katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan.”

One Comment

  1. Trima kasih atas kajian yang sangat sistimatis ini kiranya berkat Tuhan selalu menyertai. Saloom.

Leave a Reply

Required fields are marked *.