Fiat Voluntas Tua

Sahabat Sejati

| 13 Comments

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya”

”Haree geneehh….! ada yang mau mengorbankan nyawa buat sahabat, gila kali yee” Demikian ungkapan banyak orang di Jakarta ini, walaupun mungkin saja ada yang memang rela mengorbankan dirinya untuk membela atau membantu sahabat tersebut, tetapi hal demikian sudah semakin langka apalagi dikota metropolitan yang semakin propan dan hedonis.

Pengalaman saya ketika sudah dan kondisi terpuruk, justru pertolongan datang dari sahabat yang tidak saya duga dan harapkan sama sekali, bahkan orang tersebut masuk dalam kategori teman biasa saja. Justru yang saya anggap sahabat dan sudah seperti saudara sendiri, malah tidak peduli bahkan mungkin saja tertawa melihat kesulitan saya.

Demikian juga saya melihat papa ketika susah dan dalam kondisi melarat, hampir semua saudara dan sahabat yang dulu selalu menempel dimanapun papa berada dan memujinya setinggi langit, tiba-tiba hilang lenyap ditelan bumi, bahkan menghindar untuk ditemui.

Maka tidaklah mudah untuk menentukan orang-orang yang layak masuk dalam kategori sahabat  dan orang-orang masuk dalam kategori teman biasa, semua akan diuji dalam perjalanan hidup dan kadang kala orang-orang tersebut tidak kita duga sama sekali. Demikian juga kita untuk menjadi sahabat bagi semua orang juga sangat sulit, juga ditentukan oleh banyak faktor, tetapi ada baiknya untuk dicoba, karena dianggap menjadi sahabat adalah predikat yang luar biasa.
Seorang sahabat sejati adalah mereka yang hadir mendampingi, menemani, menghibur kita dikala kita menderita, bukan ketika senang, bahagia dan sukacita. Dan sahabat bukanlah mereka yang senang melihat kesusahan orang lain dan susah melihat orang lain senang.[Samsi Darmawan]

==================================================================

Bacaan Yoh 15:9-17

“Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

13 Comments

  1. BENARKAH ada persahabatan sejati????? bagiku itu senua omong kosong!!!!
    mengapa q berbicara seperti itu karena q merasakanyyaa

    • pahami arti itu, mungkin sahabat sejati belum kamu temukan cz kadang kita yang salah mengartikan sahabat pada seseorang yang salah.

  2. Halo salam kenal bu,

    saya tersentuh dengan tulisan sahabat sejati, saat ini beberap sahabat saya (atau saya pikir sahabat) sedang menghilang, tidak mau berkomunikasi. Tapi saya masih punya sahabat-sahabat yang lain yang tetap saya jaga persahabatannya. Bukan karena keadaan terpuruk tapi lebih kepada mau menghilangkan diri dari sahabt-sahabatnya yang sekarang dengan sahabatnya yang lain.

  3. Salam kenal untuk rekan bernadetta dan nezza,

    betul sekali kalau kita mengandalkan manusia pasti selalu kecewa karena sering tidak seperti yang kita harapkan. Kabar baiknya kita yang kadang kurang setia pada Yesus, tetap dapat kembali kepadaNya karena ia seorang Sahabat yang sejati dan setia menunggu kita. Paling tidak kita bisa belajar untuk menjadi sahabat, a shoulder to cry on, bagi orang lain yang membutuhkan di saat kritis. Justru disaat sulit seperti, saat mereka membutuhkan seseorang, kita ada disana. If they are fine…. kita juga happy, walau mungkin dilupakan sejenak. Tapi bila mereka susah, pasti mereka ingat lagi siapa sahabat yang setia … justru yang hadir menemani di saat susah. Bukankah dengan demikian kita telah menunjukkan bisa menjadi ‘teman’ yang sesungguhnya bagi mereka disaat yang susah dan sulit, bukan menjadi teman yang hadir hanya disaat ‘baik-baik’ semua. Kiranya kasih Allah memampukan anda berdua menjadi teman sejati bagi rekan2 anda. AMDG

  4. Ayo siapa yang mau jadi sahabatku….

  5. sahabat,, mungkin itu satu kata yg benar2 bermakna bwt saya.

    kadang kita bertengkar dengan sahabat hanya karena maslah kecil, kadang kita tidak pernah menghargai sahabat kita.
    itulah yg saya alami, sahabat yang sudah 17 tahun saya kenal, dibaptis bareng, saudara seiman saya.. karena satu masalah kecil kami bertengkar hebat n persahabatan kami retak selama 1 setengah tahun,,
    kami berlaku seperti 2 orang yg tidak saling kenal baik, kami bahkan bertindak sangat egois..
    namun ketika smw itu berhasil kami lalui dan kami mulai memulihkan hubungan kami, Tuhan berkata lain. Sahabat saya dipanggil olehNya…
    yg tersisa bagi saya saat ini hanya kata “menyesal”

    so,, buat smw sahabt baik yg ad,,,
    hargailah persahabatan ituw karena kita tidak tw kpn sahabat kita akan pergi. saat kau kehilangan sahabat baikmu, saat itu sebenarnya kau jg kehilangan sebagian dr dirimu.. hargailah waktu yg ada..

  6. sahabat memang mungkin suatu hal yang abadi. .
    tapi sahabat apakah bisa untuk menjadi cinta yang utuh permai sejati dan abadi. .?

  7. walaupun sahabat hilang dari muka bumi ni
    tapi sahabat da slalu d hatiku
    ku sayang d’cvermal……………….tugh slama’a

  8. dearest mbak Ratna, saya nimbrung di artike ini yah, saya liat date nya udah 1 tahun lebih ya.. tapi saya juga lagi norax neh, seperti menemukan mainan baru.. kacian yak saya mbak.. coz i new knew :( this blog!! but thanks God, not too late!! about sahabat sejati ?? now, saya kayaknya udah gak percaya ada sahabat sejati.. kayaknya memang no one !! ya ya ya semua itu disebabkan my experience yg disappointed with orang-orang yang sudah saya anggap sahabat, yang sudah disayang, dikasihi, diperhatikan, dihibur ketika hatinya merana, diusahakan untuk membuat mereka ceria/tertawa kembali, ketika sakit diusahakan membantu untuk membeli obat2an, di sms yang membuat diri mereka happy lagi… tapi ugggffff ketika mereka sudah sembuh/happy… OMG sulit sekali diajak bertemu, apalagi komunikasi!! over all i really don’t want to think about them anymore. mungkin terlalu na’if yah mbak ratna.. karena I think there is no one man as good as our Lord Jesus :) no one man having a lot of love like His love… Or maybe, sayalah yang harus lebih dalam mengenal dan mencintai Jesus, sehingga one day, finally i got some best-friends sending from heaven he he :)) warm regards, mieke pizzz

  9. ada persahatan tapi sulit untuk mempertahankannya apabila telah masuk orang ke tiga

  10. sahabat slu da saat qt membutuhkanya,dia akan slu d smping qt,,,,
    saat qt sdng sedih,senang,sakit bahkan saat qt gx pnya cp2
    q bahagia memiliki sahabat
    berkat sahabat qt jdi saling mengerti stu sma lain
    I LOVE FRIED

  11. sahabat adl sgalanya

Leave a Reply

Required fields are marked *.