Fiat Voluntas Tua

Yang Terakhir Semakin Sempurna

| 0 comments

“Yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya”

Jika kita perhatikan atau cermati aneka macam jenis peralatan atau sarana-prasarana teknologi saat ini semakin lama semakin kecil bentuknya, demikian juga banyak alat-alat atau ‘onderdil-onderdil’ kecil yang penting dan utama dalam berbagai jenis produk teknologi yang terus tumbuh berkembang tiada henti. Sebagai contoh ‘HP” (Hand Phone), bentuknya semakin kecil dan semakin canggih serta lebih besar harga atau nilainya daripada pendahulunya. Dalam Warta Gembira hari ini kita baca bahwa Yohanes Pembaptis dikenal sebagai ‘yang besar’ yang dilahirkan oleh perempuan, namun ‘yang akan datang’ , yaitu Yesus, Penyelamat Dunia, yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Warta Gembira ini kiranya mengingatkan bahwa mereka yang akan datang kemudian harus lebih besar dari pendahulunya, anak-anak harus ‘lebih besar’ dari pada oirang tuanya, para peserta didik harus ‘lebih besar’ dari gurunya dst.. Dengan kata lain para pendahulu (orangtua, guru dst..) harus dengan rendah hati dan kerja keras mempersiapkan ‘para penerus’ (anak-anak, peserta didik, dst..) agar tumbuh berkembang lebih besar, lebih cerdas beriman. Kegagalan anak-anak atau peserta.didik untuk menjadi lebih besar merupakan kegagalan orangtua atau guru. Ingat pepatah Jawa “kacang mongso tinggalo lanjaran”!. Sebaliknya kami berharap kepada anak-anak, peserta didik atau generasi muda/penerus hendaknya mengembangkan dan memperdalam keutamaan ‘mendengarkan’ selama berada dalam proses pembelajaran, entah di sekolah, di rumah atau di dalam masyarakat pada umumnya. Dengan kata lain hendaknya dengan rendah hati belajar terus menerus, siap sedia dan terbuka untuk diperbaharui melalui berbagai kesempatan dan kemungkinan.[Ign Sumaryo SJ]

Merenungkan bacaan Injil dan renungan romo Maryo ini, membuat kita generasi saat ini harus menyikapi hidup lebih bijaksana dan lebih sempurna dari generasi sebelumnya. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan seharusnya tidak membuat kita menjadi semakin malas dan sombong, tapi justru harus semakin rendah hati dan menyadari bahwa kita bergantung pada Allah Sang Pencipta yang memampukan manusia mendapatkan berbagai kemajuan ilmu. Semoga kita menggunakannya bukan untuk merusak bumi dan saling menguasai satu sama lain, tapi semakin mengasihi dan mengupayakan perbaikan taraf hidup manusia sehingga akhirnya memuliakan Kerajaan Allah.

=================================================================================

Bacaan Mat 11:11-15

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar”

Leave a Reply

Required fields are marked *.