Fiat Voluntas Tua

Minta Tanda Apalagi?

| 0 comments

Sesungguhnya yang ada disini lebih dari Salomo….lebih dari Yunus….

Kalau kita melihat headline koran2 dan tabloid, kita bisa menahan nafas melihat begitu buruk kondisi negeri ini. Korupsi dimana-mana, bisnis aborsi lagi marak, penculikan anak dan penjualan ABG2 terjadi, petani dan nelayan semakin sesak nafas karena harga pupuk dan BBM tidak terjangkau…. Memang dunia ini jahat ya, manusia yang awalnya diciptakan berharga di mata Allah, sekarang tinggal menjadi komoditi. Bahkan untuk angka jumlah rakyat pra-sejahtera saja bisa diseminarkan, dan berakhir di proposal untuk minta dana asing. Kita memang hidup seperti di Niniwe, ditengah angkatan yang jahat dimata Tuhan.

Aturan main sebelum masuk lapangan bola selalu disampaikan wasit, kapan dia keluarkan kartu kuning, dan kapan keluar kartu merah. Hanya gara2 ini pun penonton sering merasa lebih tahu kapan sah dan tidak sahnya kartu kuning dan kartu merah, dan akhirnya rame-rame menyerang wasit.

Aturan main di pengadilan terakhir sudah jelas juga, cuma dipisahkan gandum dan ilalang, seperti perumpamaan kemarin. Tanda-tanda dari Allah dalam rencana keselamatan manusia pun sudah sering dikirimkan. Raja Sulaiman terkenal dengan kebijaksanaannya. Kita pasti ingat cerita waktu kecil tentang raja yang bertindak adil saat dua ibu bertengkar memperebutkan seorang bayi. Maka sang raja mengangkat pedang pura2 mau membelah sang bayi, sehingga ketahuanlah yang mana ibu bayi yang asli. Ini tanda bahwa Allah menyertai Salomo (Raja Sulaiman) dengan memberikan kebijaksanaan yang lebih dari yang lain.

Yunus dikirim ke kota Niniwe yang bejat, bahkan binatangpun juga ikut bejat, Awalnya justru Yunus yang menolak perintah Allah karena pesimis; iya kalau mereka mau bertobat, kalau mereka malah balik menyerang Yunus, gimana? Ternyata pertobatan kota terjadi mulai dari raja, orang terkuat, yang nomor 1, baru diikuti semua orang. Sang raja keder juga dengan peringatan Yunus, itulah aturan main Allahnya Yunus, boleh percaya atau tidak, kalau bener-bener kejadian gimana? Maka sang raja tidak menunggu kesempatan peringatan kedua lagi; dia dan seluruh negri itu bertobat dan ikut menyembah Allahnya Yunus.

Yang kita agungkan, yang kita dengarkan SabdaNya, dan yang kita terima TubuhNya, jauh lebih bijaksana dari raja Salomo, jauh lebih dahsyat dari Yunus yang selamat dari mulut ikan selama 3 hari, tapi kelihatannya kita termasuk yang masih mencari tanda-tanda Ilahi.

Kalau lagi cuan berarti Tuhan memberkati, kalau lagi sakit berarti Tuhan sedang menghukum, kalau sang anak memutuskan pindah gereja, kita bertanya Tuhan apa salahku? Ada juga yang sibuk wira wiri mencari tanda kehadiran Tuhan dari berbagai tempat2 suci bahkan sampai ke luar negeri, tapi kehadiran Tuhan setiap hari lewat orang-orang yang kurang beruntung, lewat orang-orang yang menyapanya tidak disadarinya.

Duh Gusti, jangan sampai aku tanpa sadar menjadi bagian dari angkatan yang jahat, yang tidak menyadari kehadiran Tuhan dalam keseharianku. Jangan juga aku lari menjauh dari titahMu untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang. Jangan sampai aku takut melakukannya hanya karena aku takut ditolak, hanya karena aku takut dibilang sok suci. Hanya karena aku takut tidak populer karena Engkau.

Semoga banyak yang datang kembali kepada Mu bukan hanya dengan tidak makan dan tidak minum seperti umat Niniwe, tapi sungguh datang dengan jiwa yang hancur dan hati yang patah, berharap akan kemurahan hatiMu. Kerahiman Mulah yang menyelamatkan kami, kasih Mu membawa kami dalam pertobatan dengan berharap juga membawa sebagian bahkan kalau mungkin seluruh angkatan yang jahat dari negeri yang kami cintai ini.

==================================================================

Bacaan Mat12:38-42
12:38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”
12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!

Leave a Reply

Required fields are marked *.