Fiat Voluntas Tua

Tanda Dari Surga

| 0 comments

Mengapa angkatan ini meminta tanda?

Tanda yang umum digunakan oleh pasangan yang sudah menikah adalah cincin kawin. Aneh rasanya kalau kita harus menunjukkan KTP ke banyak orang untuk membuktikan bahwa kita sudah menikah. Walaupun demikian, ada juga tanda-tanda tidak tersirat yang menyatakan bahwa kita sudah menikah. Suami saya sudah lama tidak mengenakan cincin kawinnya karena sudah tidak cukup lagi. Tapi banyak orang percaya bahwa ia telah berkeluarga. Dari perbuatan dan perkataannya, mungkin juga gerak tubuh dan porsi tubuhnya yang makmur, sudah cukup menjadi jaminan bahwa ia adalah kepala keluarga. Paling menyebalkan memang kalau bertemu seorang yang berlaku bujangan padahal dia sudah berkeluarga.

Injil hari ini mengisahkan kekesalan hati Yesus yang baru saja melakukan mukjizat memberi makan empat ribu orang hanya dengan beberapa buah roti dan ikan, itupun masih sisa tujuh bakul. Kok ya orang-orang Farisi yang membuntuti Yesus ini masih meminta tanda dari Surga? Untuk orang yang memang bertujuan menjatuhkanNya, untuk melihat hal-hal yang spektakuler atau show of force, tidak akan pernah diberikan tanda apa-apa. Tanda-tanda lain sudah cukup banyak yang dilakukanNya seperti menyembuhkan yang sakit, memberikan makanan bagi yang lapar, menyembuhkan yang kusta sehingga bisa kembali ditengah masyarakat serta memberitakan kasih Tuhan bagi semua orang.

Kalau sudah begini, apakah segala yang tertulis didalam Injil tidak cukup bagi kita? apa bedanya kita dengan orang Farisi yang mungkin secara tidak sadar minta tanda juga? Kita masih meragukan cinta Tuhan saat kita ditimpa sakit penyakit, kemalangan, tidak ada pekerjaan, hidup semakin susah. Marilah kita belajar  memiliki iman yang percaya tanpa melihat terlebih dulu, percaya bahwa kita tidakditinggalkan sendiri menghadapi berbagai tantangan hidup.

Demikian juga dalam semangat pewartaan, selalu saja ditemui tantangan yang dilakukan Farisi-farisi jaman ini yang bisa berujung pada konfontrasi; untuk itu Yesus memilih menyingkir dan terus meneruskan perjalananNya mewartakan Sabda Allah. Semoga kita tidak terjebak dalam konfrontasi tapi dengan semangat kerendahan hati terus berkarya dan tidak undur dari panggilanNya. Semoga kita juga membawa tanda-tanda kebaikan kemanapun kita melangkah, setiap tindakan kita membawa manfaat bagi banyak orang.

===================================================================
Bacaan: Mrk 8:11-13

“Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus.
Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak keseberang.

Leave a Reply

Required fields are marked *.