Fiat Voluntas Tua

St.Thomas: My Lord and My God

| 25 Comments

Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Menarik untuk mencari tahu seperti apakah Santo Tomas Rasul yang dirayakan hari ini. Selama ini kita mengenal kisah Alkitab, Santo Tomas dilambangkan sebagai orang yang peragu;yang meragukan kebangkitan Tuhan Yesus. Ia tidak begitu percaya dengan kesaksian para murid lainnya akan penampakan Tuhan Yesus. Benarkah demikian?

Menurut kisah para rasul dan penginjil, setelah para rasul berpisah selesai peristiwa Pantekosta, Santo Thomas dikirim untuk mewartakan Kabar Gembira di berbagai tempat dari Laut Kaspia, Parthian, Medes, sampai Teluk Persia dan akhirnya mencapai India dimana banyak penduduk asli di negara bagian Malabar menjadi Kristen dan menyebut diri mereka sebagai “umat Kristen Thomas”. Ritus khas mereka yaitu Syro-Malabar dan Syro-Malankara adalah dua diantara 22 ritus yang dikenal dan diakui oleh Gereja Katolik. Rasul Thomas menjadi martir di sekitar kota Madras, India di tempat yang bernama Calamine; mati dengan cara ditombak.

Santo Tomas, disebut santo pelindung para arsitek karena ia adalah tukang kayu bahkan sangat mahir. Ia mengalami penampakan Yesus yang mengutusnya pergi bertemu dengan seorang raja Persia yang ingin membuat istananya. Raja Punjab (Persia saat itu atau India sekarang) memang sedang mencari seorang ahli bangunan untuk membangun istana dengan gaya romawi. Dikisahkan dalam satu blog bahwa Rasul Tomas sangat dipercaya dan menerima dana sangat besar untuk membangun istana sementara sang raja pergi ke provinsi lainnya. Ternyata ia menggunakan uangnya bagi orang-orang miskin sambil melakukan penginjilan. Lalu ia melaporkan pada raja bahwa ia telah membangun istana di surga bagi raja. Tentu saja raja Gudnaphar sangat marah, Tomas pun disiksa bahkan dibakar hidup-hidup. Anehnya ia tidak mati. Bahkan saat saudara raja, Gad, sakit dan mati, empat hari kemudian hidup kembali setelah mendapatkan penglihatan akan rasul Tomas dan istana yang dibangunnya di surga. Maka raja Gudnaphar menjadi sangat takut dan membebaskan Tomas bahkan berlutut menyembah kakinya.

Dalam dunia seni, Santo Thomas digambarkan berlutut dihadapan Kristus yang bangkit dengan mulia, dan lambangnya adalah sebuah penggaris-siku tukang kayu dan sebilah tombak, alat yang digunakan untuk membunuhnya. Ia dimakamkan di San Thome Basilica di kota Chennai India. Layaknya seorang arsitek bangunan, gaya dan pembawaannya pasti terstruktur dan terencana. Sama logisnya saat ia menanyakan bagaimananya cara sampai ke Surga kalau tidak tahu jalannya (Yoh 14:5). Ini termasuk pertanyaan yang wajar kan? Santo Tomas malah meyakinkan murid-murid lainnya yang masih ragu saat Yesus mengajak ketempat Lazarus yang sudah mati empat hari lamanya (Yoh 11:16). Jadi rasanya kok aneh kalau kita berhenti pada kesimpulan bahwa Santo Thomas meragukan kebangkitan Yesus.

Justru melalui penampakan Tuhan Yesus pada Tomas, Yesus ingin memberikan penegasan sekali lagi pada murid-murid yang lain. Dan ternyata hanya Tomas lah yang berani menyebut dan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah-nya. Tidak ada pernyataan lain didalam Injil yang disebutkan oleh rasul lainnya tentang keAllahan Yesus, walaupun mereka lebih sering melihat penampakan Yesus dibandingkan Tomas. Ucapan Santo Tomas yang terkenal adalah My Lord and My God.

Membaca renungan hari ini, kita diingatkan sekali lagi tentang pentingnya pengalaman dan perjumpaan akan kasih Tuhan. Rasul Tomas dalam sekali perjumpaan langsung spontan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allahnya. Memang sulit percaya tanpa melihat dan meraba. Tapi lebih sulit lagi percaya akan kehadiran Tuhan, tanpa pengalaman akan sentuhan kasih Tuhan. Maka berbahagialah kita yang selalu menyadari bahwa kita ada dalam perlindungan kasih Tuhan senantiasa; kita ada dalam penyelenggaraan Ilahi - Providentia Devina. Kita tidak pernah merasa sendirian dan ditinggalkan sesuai janji Sang Imanuel. Untuk yang belum merasakan kasih Tuhan, gampang kok, Dia hanya sejauh doa. Hati-hati juga, sekali kita ‘kesetrum’ bisa-bisa berakibat seperti Rasul Tomas yang melejit menjadi pemberita Injil luar biasa di India 8)

Tuhan bisa menyapa kita lewat berbagai cara mengatasi ruang dan waktu, tidak hanya lewat orang-orang disekitar kita tapi juga lewat segala ciptaan termasuk alam bahkan berbagai perangkat teknologi informasi seperti televisi, email, SMS bahkan blog seperti ini. Karena Allah kita adalah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup (Mat 22:32). He is really My Lord and My God. How about you?

====================================================================

Bacaan Yoh 20:24-29

Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.” Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

25 Comments

  1. Hi hi, njih Bu Ratna Tuhan bisa menyapa kita lewat berbagai cara.
    Hanya saja seringkali orang seperti saya terlalu keras kepala untuk mendengar kata-kata Nya … :mrgreen:

  2. Gpp mas sigid, Tuhan gak bosen tuh mengetuk pintu hati bahkan bertahun-tahun. Gak ada bedanya sehari sama sepuluh tahun untuk Tuhan, tapi buat kita memang kehilangan kesempatan yang mahal 8) Batu juga bisa lumer ditetesin air bertahun-tahun lho. Semoga kita gak ‘telat’ & ketinggalan kereta aja ..

    Salam kenal juga untuk mas fredy, pak Kusmanto juga mas Saut yang jauh. Tx sudah mampir di blog ini, semoga bisa membantu mengingatkan kita untuk selalu dekat dengan Nya. Pak Kusmanto silahkan janjian langsung dengan romo marwan ya.

    Buat mas Nugroho saya sudah sampaikan salam nya ke romo Martin di Purbayan. Semoga semangat memenuhi perutusan Tuhan juga ada bersama kita semua.

    AMDG – RA

  3. iya betul mbak.
    Kita tidak pernah merasa sendirian dan ditinggalkan sesuai janji Sang Imanuel.
    ketika kita merasa sendirian/putus asa, Allah turut bekerja melalui orang-orang disekeliling kita,sms,email,etc…
    ALLAh kita Allah yang hebat ^.^

    blog nya mbak bagus,buat aku jadi lebih mengerti dan memahami makna untuk hidup dalam Kristus,makin cinta jadinya ma Yesus.
    salam kenal ya mbak,

  4. huaaahhh… cerita yg menarik… Makasih loh, bu Ratna….

  5. Betul Bu, Rasul Thomas tidak pernah ragu akan Kristus..
    hanya dia dipakai sebagai penegasan saja…. Justru dia merasakan bahwa dia sangat cinta kepada Kristus… kenapa dia yang bersusah payah mencari jenazah Jesus menjadi ketinggalan pada saat Jesus muncul di depan murid tanda diri-Nya…..

    Tapi to kenyataannya saya juga menjadi yakin setelah meragu.. hiks jadi seperti benar benar Thomas dalam Injil…..

    he..he…

    ps : Weleh weleh aku br tahu bu ratna punya web…. loh ???

  6. Ini kisah yang sangat luar biasa, semoga banyak orang terinspirasi dengan St. Thomas

    Terima Kasih

    http://www.harrysandjaja.net

  7. ini adalah kisah gy luar biasa,supaya orang-orang bisa percaya bahwa tuhan yesus itu ada.

  8. Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. ini ayat luar biasa bisa membuat orang percaya dan yakin (menambah iman kita) kepada yesus.
    Engkaulah Jurus`lamatku Yesus (yeshua) kristus untuk selama- lamanya. haleluyah, amin.

  9. Yesus Kristus “My Lord and My God”…uangkapan yang bukan hanya karena keinginan manusia (Thomas) untuk menunjukkan respon terhadap bukti yang Tuhan tunjukkan tetapi karena Tuhan sendiri memberikan kekuatan dan hikmat untuk dapat mengatakan demikian…Praise the Lord…Kiranya apa yang diFirmankanNYa tergenapi”Segenap lutut akan bersujud menyembahKU”…Maranatha

  10. aku juga mengakui bahwa Yesus adalah Tuhanku dan Allahku.

  11. Tuhan Jesus kuatkan aku ketika keraguan itu datang.

  12. bisakah bapak/ibu mengirim poto/gambar ke email saya ini.
    soalnya aku pengen menghiasi email ku,dan juga gambar tuhan yesus itu sangat coocok buat aku.

  13. Yesus Adl Tuhan Allahku yang menyayangiku di manapun ku beRaDA. ThAnKs,My Good,you is emperor for me!!!!!!!

  14. tuhan itu baik bagi semua orang,seperti tema natal 2009 yang kemarin.

  15. TUHAN, AKU MAU SEMOGGA ENGKAU SELALU MENYERTAI HIDUP KU, DAN AKU JUGA MAU ENGKAU SELALU MEMBERI KERUKUNAN BAGI KELUARGA YANG MASIH BELUM AKUR….

  16. yesus adalah tuhanku dan aku percaya adanya tuhanku/yesusku

  17. jangan melihat dan memandang dengan mata,
    tapi dari hatimu, karna disitu km akan menemukan jawaban yg sebenarnya..

  18. kok bsa kyk gtu ? ? ? ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    pa gk skt , y ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  19. jika bkn krn Tuhan pasti saya tdk ada di dunia ini

  20. hari ini aku terhibur dengan artekel diatas , namun ahhh itu sebuah tulisan dan tulisan , karena aku mengalami yang menurut aku tidak dialami pembaca, aku ini katolik sejati, yang percaya pada Yesus yang maha kasih. tapi mengapa doa-doa sampai saat ini belum terwujud, sebenarnya doaku hanya satu , Supaya Tuhan Yesus memberi mujijat terhadap anakku yang bernama Maria Novena, yang sampai umur 9 tahun belum bisa berjalan, sampaikan kapan ????? aku harus menunggu sabaaaaar. inilah antara percaya dan tidak percaya .

  21. AKU ORG DARI “SEBERANG”, SEJAK AKU MENGIKUTI”NYA” HIDUPKU BERUBAH DRASTIS JADI SUSAH MATERIL TAPI BATINKU SELALU KAYA AMAT SANGAT. ITULAH PENGIKUT KRISTUS…”BARANG SIAPA MENGIKUTI AKU, HARUS MEMIKUL SALIBKU”….TRIMAKASIH TUHAN YESUS, AKU AKAN SELALU DAN SELALU MEMIKUL DAN MEMAKNAI ARTI MENGIKUTIMU. AMIN…..

  22. aku sangat percanya bahwa yesus adalah penolong yang sangat berjasah untuk kami sedunia karena mau merelakan dirinya di kayu salib

  23. terimah kasih jurus slamatku

Leave a Reply

Required fields are marked *.