Fiat Voluntas Tua

Citra Indonesia Menurun

| 0 comments

Ayat Alkitab: Nats Alkitab: Matius 5:14-16 – Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

Paparan:

Kriminalisasi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat citra Indonesia di mata masyarakat internasional menurun drastis. Hal itu diungkapkan pakar komunikasi Politik UI Effendi Ghazali di Jakarta, Kamis (12/11). Demikian tulis Media Indonesia.

“Citra Indonesia di mata masyarakat internasional menurun drastis. Mereka menilai ada upaya penguasa saat ini membenturkan masyarakat pendukung KPK dengan masyarakat pendukung polisi supaya terjadi kerusuhan berdarah. Ini gaya-gaya Orde Baru,” kata Ghazali.

Citra buruk Indonesia, menurut Ghazali, berpengaruh negatif terhadap politik di kancah internasional. Boleh jadi karena citra politik yang negatif ini, Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak mengunjungi Indonesia. “Barack Obama ke Singapura, langsung ke China. Tidak berkunjung ke Indonesia. Padahal Indonesia boleh dibilang negara penting bagi sejarah hidup Obama,” ujar Ghazali. Menurut Ghazali ada tiga hal yang menjadi perhatian masyarakat internasional. Pertama, kasus kriminalisasi terhadap orang tertentu yang merupakan lawan lawan politik pihak berkuasa.

Kedua Indonesia sedang dipuji masyarakat internasional karena ada tokoh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang punya reputasi mendapat perhargaan internasional tapi ada tokoh sekaliber Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah yang dikriminalisasi.

Ketiga, ada isu yang terbongkar yang melibatkan pihak berkuasa yang selalu berkembang.

Ia mengatakan gerakan demonstrasi dari situs jejaring sosial Facebook turun ke jalan juga menjadi perhatian masyarakat internasional. “Facebook itu mengajak demonstrasi aksi damai yang dikemas dengan aksi teatrikal dan seni.

Gerakan masyarakat sipil ini lebih baik daripada gerakan-gerakan seperti Thailand yang menimbulkan kerusuhan,” ujarnya.

Terbukti diperlukan kerja keras bertahun-tahun untuk membangun citra positif, namun hanya waktu yang singkat untuk menghancurkannya.

Perbuatan jahat walaupun berhasil ditutup-tutupi dengan usaha dan biaya yang sangat besar, bahkan dengan kekuasaan yang besar sekalipun, pastilah pada saatnya akan terbongkar juga.

Tuhan Yesus mengatakan bahwa kita adalah terang dunia yang bersinar menyinari dunia. Tuhan ingin agar perbuatan baik kita dirasakan semua orang, agar semua orang memuliakan Allah karena perbuatan kita.

Bukan sebaliknya kita merusak citra Tuhan dan mempermalukan Nya dengan perbuatan-perbuatan kita yang jahat atau tidak berintegritas.

Renungan:

INGATLAH, JANGAN PERNAH PERMALUKAN TUHAN YESUS DAN DIRI KITA SENDIRI

Doa:

Tuhan Yesus tolonglah kami agar tidak mempermalukan Mu

Mari kita berdoa agar Indonesia memiliki pemimpin-pemimpin yang punya rasa malu

Ayat Alkitab: Matius 5:14-16

5:14

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

5:15

Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

5:16

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Best regards

Christovita Wiloto

Leave a Reply

Required fields are marked *.