Fiat Voluntas Tua

Friendster

| 0 comments

Hampir setiap hari, saya selalu menerima undangan untuk menjadi friendster entah lewat Hi5 atau yahoogroups. Saya tidak pernah menanggapi undangan itu. Saya tidak menangkap ada tawaran istimewa dalam undangan itu maka saya tidak pernah mengisi registrasinya.

Keponakan saya yang masih duduk di kelas dua SMP rajin membuka situs itu. Setiap kali membuka komputer, ia langsung connect dengan internet dan langsung menghubungi kenalan-kenalan lewat dunia maya. Ia tampak senang apalagi kalau dilihat oleh teman-temannya. Ada kepuasan dan rasa lebih bila dibandingkan dengan teman-temannya yang gaptek.

Injil hari ini, tampaknya juga berbicara soal undangan. Ada undangan tersirat dalam kata-kata Yesus ketika menanggapi teriakan orang,” Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah
menyusui Engkau.” Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya. ” Cuma … apakah orang-orang menangkap undangan itu apa tidak.

Ini kebiasaan Lukas dalam menulis Injilnya. Ia menunjukkan hal yang penting dalam masalah sehari-hari yang kelihatan sepele dan tidak penting. Dalam jawaban Yesus kita melihat undangan untuk mentransformasi hidup manusiawi kita dan membawanya ke kehidupan Ilahi. Dengan demikian, relasi-relasi yang diikat oleh hubungan darah seperti ibu-anak memperoleh makna yang dalam karena ikatan itu kini berupa Sang Sabda sendiri.

Undangan ini juga merupakan ajakan agar kita bergabung dalam Kerajaan Allah. Yang mengalir dan memberi hidup pada kita bukan lagi aliran darah merah kita melainkan Sabda yang merasuki seluruh kehidupan kita.
Hari ini, kita dundang menjadi friendster bersama Allah. Yesuslah yang mengenalkan kita kepada Allah Bapa kita. Sekarang, sejauh mana kita berkomunikasi dengan friendster kita itu? Ada banyak kebahagiaan mendalam yang akan muncul dalam komunikasi itu.

Tidak ada registrasi lagi. Dengan baptis, kita terregistrasi secara otomatis. Kita tinggal connect, Username-nya adalah nama kita masing-masing, password-nya tinggal buat tanda salib. Tuhan akan membuka tangan lebar-lebar utuk kita yang sign-in kepadanya. [ R.Maryono,SJ ]

=====================================================================

Bacaan Luk, 11:27-28
11:27 Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: “Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.”
11:28 Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya. “

Leave a Reply

Required fields are marked *.