Fiat Voluntas Tua

Rahasia yang Tidak Rahasia (2)

| 0 comments

Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Ada berbagai macam reaksi umat setelah mendengarkan Bacaan Injil saat Misa, ada yang serius memperhatikan penjelasan imam saat homili. Ada yang dengan santai melakukan devosinya ke Santa Nokia atau Santo Erickson (buka SMS gicuu…). Ada juga yang siap-siap cari PW (Posisi Wuenak) untuk meneruskan tidur. Ini serupa dengan keadaan dimana Yesus berkotbah dua ribu tahun lalu. Dia berkotbah dari atas kapal nelayan di tengah danau sementara orang-orang lain berdiri menyemut di pinggir pantai. Gak kebayang suara Yesus sekeras apa agar bisa didengar sampai pantai, gak ada loud speakerkan? Pasti semua orang juga termasuk anak-anak harus diam bila ingin mendengarkan ajaranNya. Kalau ribut sendiri ya pasti tidak mendengar apa-apa dan tidak mendapatkan apa-apa dari kotbah Yesus.

Setelah Ia selesai mengatakan perumpamaan maka orang banyak pun manggut-manggut setuju, dinilai baik bahasanya, mengena isinya tapi tidak tergerak untuk menanyakan artinya. Orang banyak pergi dengan puas tanpa merasa ada keharusan bertanya, mendalami konsekwensi, ditantang untuk berkonfrontasi atau bahkan bertindak untuk melakukan revolusi pribadi.Mereka senang dan puas dengan kotbah yang baik, ajaran baik yang membuat tenang dan nyaman tanpa menambah keharusan bertindaklebih lanjut. Yang diinget kalau sepulang Misa ” kotbahnya romo lucu” atau malah “kotbahnya bagus”. Tapi kalau ditanya bagusnya dimana, mereka ini umumnya tidak bisa menjawab lebih lanjut; bagus untuk pengantar tidur? Inilah sikap kebanyakan orang yang berdiri dipinggir pantai. Mereka tidak ingin “Duc In Altum” -bertolak ke tempat yang dalam sebagai murid Yesus yang ingin mendapatkan lebih.

Injil hari ini mengingatkan kita untuk mendalami ajaran Yesus, yang dikatakan sebagai rahasia Kerajaan Surga. Untuk dapat memecahkan kode rahasia itu kita harus ada usaha ‘lebih’ juga. Semoga kita mau masuk menjadi golongan orang yang memilih untuk tinggal lebih lama, ikut naik kapal, ikut sarasehan dan masuk rumah, untuk minta penjelasan dari Yesus sendiri. Kita mau mendalami Kitab Suci dan merenungkannya lewat pengalaman dan doa. Kalau ada pergulatan tidak mundur tapi terus berdoa dan masuk dalam keheningan, mengendap dan akhirnya bisa nampak hasilnya dalam cinta kasih dan perbuatan sehari-hari. Kita berusaha bertahan dengan kesabaran untuk menghasilkan buah. Kita mau melakukan revolusi pribadi demi cinta yang seperti benih; disiangi dalam penyangkalan diri, dipupuk dalam pengorbanan, tanpa kekerasan, tanpa pamrih, tumbuh dalam pengabdian menghasilkan buah berlimpah. Maka bagi mereka yang mau berusaha membongkar kode rahasia Kerajaan Allah, ia akan diberi kemampuan untuk melipatgandakan sampai berkelimpahan agar cukup untuk dibagikan ke orang banyak.

====================================================================

Bacaan Mat 13:10-17

13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
13:11 Jawab Yesus: “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
13:15 Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
13:16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.