Fiat Voluntas Tua

Mintalah, Carilah dan Ketoklah

| 2 Comments

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Inilah aturan main kalau doa kita mau dikabulkan Bapa di Surga. Mintalah, carilah dan ketoklah adalah bagian kita untuk proaktif dalam doa walaupun Tuhan yang serba Maha Tahu, sudah lebih dahulu tahu apa isi hati kita. Ada bagian yang harus kita lakukan agar doa kita dijawab, juga agar kita belajar mendengardan memahami jawabannya apakah tidak atau tunggu.

Setiap dari kita, penjahat sekalipun, tidak akan memberikan cutter pada anaknya yang berumur 3 tahun, jangan-jangan cutter itu malah menyilet tangan mungilnya atau malah jadi rebutan berbahaya dengan anak tetangga. Tapi kalau yang minta kakaknya yang SMP untuk dipake prakarya, pasti diberikan, karena anak ini sudah tahu bahayanya dan akan berhati-hati menggunakannya agar tidak tersilet karenanya.Anak ini sudah tahu rasanya pasti sakit dan pedih.

Dua anak meminta barang yang sama pada ayah yang sama, satu dapet yang lain malah dibentak dan dilarang karena berbahaya. Demikian juga kita, sebagai anak-anak dari Bapa di Surga yang tahu apa yang terbaik bagi kita, kita perlu memeriksa diri untuk apa aku minta ini dan itu, sudahkah aku mencarinya dengan sungguh-sungguh atau hanya sambil lalu, siapa tahu dikasih. Atau jangan-jangan kita salah ngetok pintu rumah tetangga, bukannya pintu rumah orang tua kita sendiri, ya gak bakal dibukakan, bisa-bisa dikira tukang kredit :-D

Kalau Bapa yang baik tahu memberikan apa yang terbaik dan kapan anaknya bener2 butuh, maka anak yang baik pun juga tahu sifat2 Bapaknya. Dari ketiga anak saya, masing-masing punya cara berbeda untuk meminta sesuatu, ada yang muter2 dulu ceritanya, ada yang sambil menggelendot manja, ada yang senyum2 dulu… pokoknya berusaha meluluhkan hati ibunya deh. Tapi sekali bonyok (bokap nyokap) bilang tidak, mereka tahu percuma deh merengek-rengek atau pasang tampang melas, gak akan dikasih.

Marilah di masa prapaskah ini kita pun bertobat dan berbalik dari anak yang cuek bebek jadi anak-anak yang baik, yang mengerti isi hati Bapa, yang mau bermanja-manja ngobrol dengan Nya, yang bisa menyengkan hati Bapa lebih sering daripada membuatNya sedih dan yang gak cuma nongol kalau ada maunya aja.

===================================================

Bacaan :Matius 7:7-12

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif atau memberi ular, jika ia meminta ikan? http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” http://www.ekaristi.org/bible/images/px.gif “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

2 Comments

  1. Christian Indonesian Blogger Festival (CIBfest) 2008 telah melahirkan animo besar dalam blogosphere Kristiani Indonesia semenjak launching pada akhir Maret 2008. Animo besar dalam online event gathering yang bervisi-misi Menjadi Garam dan Terang Dalam Suara Baru Indonesia ini bertujuan menciptakan iklim nge-blog yang positif dan menebarkan kasih di dunia maya; sehingga lewat blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, kreativitas dan perasaan para blogger Kristen Indonesia.

    CIBfest 2008 diselenggarakan oleh Jawaban.Com (www.jawaban.com) adalah divisi pelayanan media internet dari Cahaya Bagi Negeri (CBN) yang merupakan yayasan non-profit yang berfokus pada pelayanan media broadcasting.

    Jadi jangan lewatkan untuk menjadi bagian dari CIBfest 2008 ini, bergabunglah dan mari mengambil bagian untuk Menjadi Garam dan Terang Dalam Suara Baru Indonesia. Untuk bergabung silahkan langsung klik http://www.jawaban.com/news/cibfest/form.php

  2. Sudah bisa dilihat kan logo CIB nya? Terima kasih untuk infonya, tx juga sudah mampir. Salam kenal dari saya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.