Fiat Voluntas Tua

VATIKAN SAMPAIKAN SELAMAT IDUL FITRI

| 0 comments

 Jakarta, 13/8 (ANTARA) – Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama (DKDAB) Vatikan mengeluarkan surat ucapan Selamat Idul Fitri kepada umat Islam di seluruh dunia, yang merupakan tradisi yg dilakukan Gereja Katolik sejak 1967. Surat yang ditandatangani oleh Presiden DKDAB Jean Louis Kardinal Tauran dan Sekretaris Uskup Agung Pier Luigi Celata itu mengangkat tema “Mendidik Kaum Muda Kristen dan Muslim Untuk Keadilan dan Perdamaian”.

Dalam suratnya, DKDAB menyatakan sukacitanya atas kesempatan umat Islam untuk memperdalam ketaatan kepada Allah melalui puasa dan berbagai amal bakti lainnya, yang juga merupakan nilai yang dijunjung tinggi umat Katolik. Vatikan memfokuskan refleksi bersama pada pendidikan kaum muda kristen dan muslim untuk keadilan dan perdamaian, yang sejatinya tidak bisa dipisahkan dari kebenaran dan kebebasan. DKDAB melihat bahwa di dalam dunia yang tengah menderita ini, tugas mendidik kaum muda demi perdamaian dan keadilan menjadi semakin mendesak, namun untuk melibatkan diri secara layak, butuh pemahaman akan hakikat perdamaian yang benar.

Perdamaian tidak hanya terbatas pada situasi tanpa perang atau keseimbangan kekuatan dari dua kubu yang bertikai, tetapi perdamaian adalah sekaligus anugerah dari Allah dan upaya keras manusia yang harus dikejar tanpa henti. Perdamaian adalah buah dari keadilan dan pengaruh dari kasih, sehingga merupakan hal yang penting bahwa umat beriman selalu aktif di dalam komunitas-komunitas melalui praktik bela rasa, solidaritas, kerja sama, dan persaudaraan, yang mampu memberikan sumbangan terhadap identifikasi tantangan.

Leave a Reply

Required fields are marked *.