Fiat Voluntas Tua

Imam raih penghargaan lingkungan

| 0 comments

Imam raih penghargaan lingkungan thumbnail

Seorang imam Katolik telah memenangkan Goldman Award, salah satu penghargaan paling bergengsi dalam mengkampanyekan lingkungan.Pastor Edu Gariguez, sekretaris eksekutif Sekretariat Nasional Aksi Sosial Konferensi Waligereja Filipina, memenangkan penghargaan regional Asia itu, yang mendapat hadiah uang tunai sebesar US $ 150.000.

Pastor Gariguez dan pemenang regional lainnya akan menerima penghargaan mereka hari ini di San Francisco, Amerika Serikat. Pastor Gariguez memberikan hadiah itu kepada warga suku Mangyan, provinsi Mindoro, yang melestarikan bumi yang menginspirasi imam itu dalam karyanya.

“Bagi mereka alam ibarat dengan rahim yang mendukung kehidupan mereka. Saya mengerti bahwa apa yang dipertaruhkan dalam kampanye ini adalah kelangsungan hidup ekologi bumi, bahwa kita adalah bagian ekologi itu,” katanya. Dia mengatakan dia yakin bahwa dengan melindungi hak-hak orang miskin “harus didahulukan dari keserakahan korporasi.”

Pastor Gariguez telah menjadi seorang yang sangat vokal dalam mengkritik operasi pertambangan, khususnya di Mindoro. Dia mengatakan operasi pertambangan itu harus membuat kebijakan untuk melindungi lingkungan, melindungi hak-hak masyarakat adat dan menjamin distribusi yang adil. “Pembangunan harus memprioritaskan kebutuhan untuk menjamin keberlanjutan ekologis. Kita seharusnya tidak mengorbankan rakyat dan lingkungan untuk jangka pendek,” kata Gariguez.

Penerima Goldman Award itu dipilih oleh dewan juri internasional dengan nominasi rahasia dari organisasi lingkungan dan individu yang giat dalam kampanye lingkungan.

Sumber: Priest wins environment award

http://indonesia.ucanews.com/2012/04/16/imam-raih-penghargaan-lingkungan

Leave a Reply

Required fields are marked *.