Fiat Voluntas Tua

RIP Rm R. Kurris SJ

| 1 Comment

24 November 2011
Telah kembali ke Pangkuan Bapa di Surga Pastor Rudolfus Kurris, SJ, pagi hari ini di Nabire dalam tidurnya yang lelap. Kemarin beliau tiba di Nabire dalam rangka turne ke beberapa daerah di Papua.
Pagi ini rencananya beliau ikut misa di kapel asrama, kemudian dilanjutkan turne ke TOR di Wanggar (untuk 5 keuskupan di Papua). Usai misa Bruder Norbert mengetuk pintu kamar beliau namun tidak ada jawaban. Lalu beliau mengintip ke dalam, terlihat Pastor Kurris dalam posisi telungkup di lantai. Bruder segera masuk ke kamar tidur dan mencoba membangunkan beliau, tetapi didapatkan beliau sudah meninggal.
Dari Nabire beliau akan kembali ke Sentani dan langsung pulang ke Rumah Emaus Girisonta. Malam sebelumnya beliau masih sempat bercerita tentang banyak hal dengan penuh semangat meskipun nafas tampak tersengal-sengal dan tampak kelelahan di matanya.
Pastor Rudolfus Kurris,SJ pernah bertugas di Paroki St. Servatius, Kampung Sawah, Keuskupan Agung Jakarta (pada saat Rm. M. Hadiwijoyo, Pr. Dewan Pendiri THS-THM, bertugas di sana). Beliau menulis beberapa buku, di antaranya : Sejarah Seputar Katedral Jakarta, Menuju Santiago – Panduan Peziarahan, Terpencil di Pinggiran Jakarta, Sang Jago Tuhan, Pelangi di Bukit Barisan. Beliau sangat dekat dengan permasalahan umat, sehingga sangat disegani oleh umat di mana pun beliau ditugaskan. Beliau sangat energik, selalu bersemangat jika bertutur kata, mudah memotivasi orang yang sedang ‘jatuh’.
Saya mengenal saat beliau bertugas di Paroki St Petrus & Paulus Mangga Besar Jakarta hingga kepindahan beliau ke Katedral Jakarta.
Selamat jalan pastor, guru dan sahabat sejati. Doa kami menyertai pastor.

Salam,

Dr. Andreas Gunawan

Informasi tambahan:

Misa Requiem Almarhum Pastor Kurris untuk umat Jakarta di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta : Jumat, 25 Nov 2011, pukul 19.00 dan Sabtu, 26 Nov 2011 misa requiem di Katedral, pukul 19.00. Jenazah diberangkatkan dari Jakarta ke Girisonta melalui jalan darat, Sabtu 26 Nov sekitar pukul 21.00 atau 22.00, Selanjutnya acara pemakaman pada hari Minggu 27 Nov akan diatur oleh Superior Girisonta Rm Suyitna SJ.

One Comment

Leave a Reply

Required fields are marked *.