Fiat Voluntas Tua

T – 1. B – 1. M – 1 atau H – 1 ?

| 0 comments

Bangkitlah dan angkatlah mukamu sebab penyelamatanmu sudah dekat.

Dalam setiap even besar dapat terlihat bagaimana dinamika persiapan semua pihak yang terlibat. Lihat saja peristiwa pernikahan dipersiapkan jauh-jauh hari. Ada yang booking tempat dan pilih hari setahun sebelumnya istilahnya T-1 terutama memastikan reservasi tempat perhelatan tanggal-tanggal istimewa seperti 14 Februari, 11-11-11… lama amat ya? iya kalau masih tetap dengan pasangan yang sama?

Makin dekat harinya tentu persiapan makin ribet maka dibuat rencana kerja berbulan-bulan sebelumnya. Walaupun orang Indonesia terbiasa dengan penyelenggaraan pernikahan, lama-lama karena memang ribet persiapannya dan tidak semua orang bisa terlibat maka muncullah para WO, Wedding Organizer. Mereka membantu pengantin dan keluarganya mengelola hari bahagia dari waktu ke waktu sampai Hari H. Apa yang harus dilakukan di bulan-bulan dan minggu0minggu sebelumnya.

Kita selalu ikut berbahagia dengan adanya berbagai undangan pernikahan, mendoakan para pengantin menjalani hidup barunya dan tentunya berharap semakin langgeng dan membahagiakan semua pihak. Tetapi siapkah kita merancang kehidupan kita berikutnya ? Seandainya saja kita tahu berapa sisa waktu persiapan yang tersedia, tentu kita akan merancang sebaik mungkin. Walaupun demikian kita telah dibantu dengan diingatkan kembali setiap berakhirnya tahun liturgi. Kita persiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Allah dalam masa Adven ini. Kembali kita diingatkan apa tujuan sebenarnya Yesus diutus hadir ditengah kehidupan manusia. Kelahiran memang hal biasa bagi manusia, tetapi mempersiapkan kematian untuk menuju kehidupan yang baru tentu juga perlu dipersiapkan sungguh-sungguh.

==========================================================================================
Bacaan Injil Luk 21:20-28
“Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu.” “Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”

Leave a Reply

Required fields are marked *.