Fiat Voluntas Tua

Persiapan Akhir

| 0 comments

Dalam kuliah Krisis konseling dan melayani usia emas/lansia,menghadapi sakit terminal, kami diberi tugas menulis iklan duka diri sendiri, apa saja yang mau diungkapkan dalam iklan duka  diri sendiri supaya orang tahu yang biasa mengutip ayat dari Mazmur, wahyu, Yohanes, dsb.Mengingat hal tersebut, dalam dua kali jumat ini, dua rekan hamba Tuhan telah mendahului, satu lebih muda dan yang satu lebih satu tahun usianya dari saya. Yang satumeninggal sesudah menjalani perawatan penyakit kanker selama beberapa tahun, yang satunya meninggal mendadak tanpa menderita lama.

Seperti Paulus mengatakan hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan, artinya selalu siap kapan saja ajal menjemputnya. Karena sudah siap untuk mati maka hidup lebih bertanggungjawab. Paulus juga mengungkapkan ,”hidup untuk Tuhan dan matipun untuk Tuhan, jadi baik mati maupun hidup, kita adalah MILIK TUHAN, wow… luar biasa, bukan?

Dalam relasi dengan sesama yang tidak lepas dari kesalahan diperbuat, saya membayangkan alangkah indahnya  saat mengakhiri hidup nanti, sudah memberi maaf dan dimaafkan. Tapi apakah tunggu mau mati sedangkan kita tidak tahu kapan saat itu tiba. Maka Alkitab juga menasehati, “bila kamu marah, segera bereskan  sebelum matahari terbenam, kalau kamu marah jangan sampai matahari terbenam, segera padamkan. Jangan beri kesempatan kepada iblis.” Ada teman yang marah sampai meninggal, marah tidak terkendali dan kena serangan jantung.
Doa Tuhan Yesus di Salib menolong kita meminta maaf dan memaafkan sesama, Bapa ampunilah mereka………

Saya sering berdoa, Tuhan lepaskanlah hamba dari apa yang tidak kusadari/dari dosa yang tersembunyi. Siapa tahu saya berbuat sesuatu yangbagi saya okey. tapiitu menyakiti hati mereka atau menyinggung perasaan sesama

Met Minggu suci dan Paskah

yohch

Leave a Reply

Required fields are marked *.