Fiat Voluntas Tua

Ajakan untuk Mawas Diri

| 0 comments

“Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Memasuki Masa Adven Tahun Baru dalam Liturgi C-1 bacaan menyuguhkan peristiwa akhir zaman. Kita juga sedang disuguhkan film akhir zaman (kiamat) 2012 yang menghebohkan karena sensasi isi film sampai berpengaruh terhadap perkembangan anak zaman. Bagaimana sikap kita menghadapi semuanya itu? Ada dua pilihan yang ditampilkan Lukas sehubungan dengan akhir zaman. Orang yang mengalami bencana dikatakan akan melihat Anak manusia datang dalam kemuliaannya. Kekuatan jahat sudah dimusnahkan oleh Tuhan dan kini Anak manusia yakni Yesus menerima kuasa atas seluruh alam semesta. Yerusalem telah punah hancur karena dihuni oleh kekuatan-kekuatan jahat yang menolak kehadiran Yesus. Pilihan kedua adalah Yerusalem menjadi kota suci yang menerima Yesus. Kota Yerusalem bukanlah menjadi realitas fisik melainkan sudah menjadi realitas iman.

Apakah realitas iman kita menolak atau menerima Yesus, secara khusus dalam masa penantian masa Advent ini? Lukas mengajak kita umat beriman kristiani untuk berjaga-jaga agar hati kita tidak dibebani oleh pesta pora dan kemabukan serta kekawatiran hidup sehari-hari. Artinya kita diajak untuk tidak bersikap ekstrim melulu senang-senang tidak peduli akan hidup toh akhirnya mengalami akhir zaman. Atau bersikap gelisah terus menerus dengan alasan yang sama. Sikap yang mau ditawarkan kepada kita pada masa Advent ini adalah agar kita diberi Roh yang diutus Yesus untuk menghibur dan menopang kehidupan sehingga kita dapat bertahan menghadapi akhir zaman dengan kuat. Roh Tuhan sendirilah yang akan menuntun orang lewat penghakiman terakhir itu. Jadi yang penting keterbukaan kepada Tuhan yang mau menyertai manusia.

Kita songsong kedatangan Yesus Anak manusia itu dalam masa Advent dengan mawas diri ikut mengusahakan kemanusiaan yang makin bermartabat yang dikehendaki Allah, dengan bertanggungjawab kepada sesama, dengan membawakan wajah Tuhan yang maharahim, selalu waspada hidup didasarkan pada iman dan doa. Apa yang anda lakukan selama masa Advent ini? Selamat memasuki masa Advent 2009. [Rm Gusti Bagus Kusumawanta Pr- Sekr Eks Kom Seminari KWI]

==============================================================================================

Bacaan Injil Lukas 21:25-28;34-36

“Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat.”
“Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Leave a Reply

Required fields are marked *.