Fiat Voluntas Tua

Pengalaman Iman

| 0 comments

“Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Dalam homili di Misa perayaan Paskah keluarga besar karismatik katolik KAJ, romo Subroto Widjojo SJ, moderator BPK PKK KAJ, mengingatkan akan pentingnya menunjukkan aksi dan perbuatan sebagai akibat dari kebangkitan Yesus yang kita terima dan percaya.

Kisah tentang dua murid yang tidak mau mempercayai kebangkitan Yesus membuat mereka meninggalkan Jerusalem dan pulang ke Emaus dengan depresi dan kekecewaan besar. Tetapi saat Jesus ada bersama mereka, hati mereka berdebar-debar saat Ia mengisahkan tentang Kitab Suci apalagi ditambah saat melihat Jesus memecah-mecahkan roti. Peristiwa perjumpaan dengan Jesus yang bangkit harus menimbulkan gairah dan semangat dalam menapaki hidup. Apakah kita juga percaya pada kebangkitan Jesus? Apakah kita juga masih berdebar-debar saat Injil dibacakan dalam Ibadat Sabda? Apakah kita juga tersentuh dan mata hati kita terbuka saat menyambut Ekaristi? Hati yang berdebar dan terbuka atas rahmat kebangkitan akan membuat kita bergegas dan bersemangat kembali dalam mewartakan Injil. Mereka mengalami peristiwa iman akan kehadiran Yesus dan percaya karenanya.

Kisah Thomas yang ingin merasakan pengalaman perjumpaan dengan Jesus juga adalah pernyataan pribadi yang tidak dapat dibantah siapapun. Kita tidak bisa menghakimi seseorang yang ingin menyatakan imannya dengan cara yang kita mau. Seperti halnya ada yang senang berdoa rosario, ada yang rajin novena, ada yang senang ziarah, ada juga yang senang retret pribadi. Semua ini membawa kepada pengalaman pribadi akan kehadiran Tuhan dalam mengatasi kesulitan hidup. Yang penting setiap pengalaman pribadi harus dinyatakan dalam tindakan dan berdampak pada kehidupan sehari-hari terutama membawa kita menjalankan amanat sebagai saksi Kristus.

Semoga dengan semakin sering mengikuti ibadat Sabda dan Ekaristi, kita diingatkan kembali, berdebar-debar dengan hati terbuka untuk selalu siap menjadi saksi Kristus, menjadi percaya  akibat melihat kebangkitan Kristus. Dan akhirnya membawa orang lain mengalami sukacita akan kebangkitan Kristus pula. Kisah  lain tentang St Thomas: My Lord and My God bisa di akses disini.

===================================================================

Bacaan Yoh 20:19031

20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus.
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”
20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.