Fiat Voluntas Tua

Kuasa Yesus

| 0 comments

Ketika menetap di Jakarta saya mempunyai seorang tenaga kerja laki-laki dari Palembang. Remaja ini rajin sekali, dia cekatan dalam pekerjaan apa saja, bisa nyuci baju bersih dan nyetrika licin. Masak juga oke. Jika saya nyetir, dia setia mengganti ban jika bermasalah. Jujur, salah satu tugasnya membawa uang ke bank dan tidak pernah bermasalah. Orangnya baik, sopan, tidak banyak tingkah. Hanya satu yang saya tidak suka darinya, ia perokok berat. Suami saya tidak merokok, anak-anak juga masih kecil, saya tidak suka polusi udaranya. Mem-PHK-kannya bukan pilihan baik, karena ia tenaga bagus. Tetapi meminta dia berhenti merokok, bukan main sukarnya. Hanya satu cara saya, meminta tolong Tuhan dan usaha. Sesering mungkin saya ajak dia ikut dimobil, karena mobil ber-AC, maka dia tahu tidak boleh merokok. Setiap kali saya turun dari mobil, diapun cepat-cepat turun untuk merokok. Saya berusaha cepat kembali ke mobil dan berjalan, sehingga rokok harus dimatikan. Kurang lebih dua bulan, dia berhenti total dari merokok.

Butuh doa, usaha dan keteguhan hati bila ingin membantu mengeluarkan tabiat jelek dalam diri seseorang.

Injil hari ini berbicara tentang kuasa Yesus mengusir roh jahat.
23Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat.
Dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin kita tidak bertemu langsung dengan orang yang kerasukan setan seperti dalam teks ini. Tetapi ada banyak roh jahat dalam bentuk yang lain. Saya kira keinginan daging yang bertentangan dengan keinginan Roh (Kudus) adalah roh jahat dalam wujud lain. Bentuknya dalam rupa percabulan, hawa nafsu, sihir, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, dengki, mabuk, dll. (lihat Galatia 5:16-26). Saya tambahkan, ngerokok juga.

Orang itu berteriak: 24″Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.”
Ciri-ciri orang yang punya ‘peliharaan’ roh jahat adalah takut, gugup bila bertemu dengan pengikut Yesus. Bahkan sering marah tanpa alasan.
25Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!”
Harus punya wibawa Kristus jika ingin mengeluarkan roh jahat dalam diri sendiri maupun dalam diri orang-lain. Roh jahat gak bakal keluar jika berhadapan dengan orang plintat-plintut. Hari ini kuat gak nonton film BF, besok nonton lagi. Hari ini janji gak marah-marah, besok ngamuk lebih parah.. Hari ini janji gak ngomong jelek tentang orang lain, besok ngegosip lagi. Gimana bisa keluar tuh roh jahat. Dikira kita malah ngajak main petak umpet, temenan ternyata, walah.
26Roh jahat itu menggoncang- goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.
Roh jahat memang sukar dikeluarkan, dia nempel bak perangko yang dilem pake lem kayu. Sukar terlepas. Harus butuh goncangan hebat untuk melepasnya. Kita akan merasa kesakitan ketika berhenti merokok. Kita akan merasa kayak orang tak punya gairah ketika berhenti nonton BF di youtube atau CD. Kita akan merasa sakit kepala minta ampun ketika tidak marah-marah. Tapi itu hanya sebentar ketika roh jahat akan keluar, sesudah itu kita akan mengalami kebebasan anak-anak Allah.

27Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya , katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.” 28Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.
Ketika kita mengalami kebebasan anak-anak Allah semua orang akan takjub melihat kita, kalau tidak percaya, boleh dicoba. Semua orang akan memperbincangkan kita (jika kita mau bersaksi akan pembebasan dari roh jahat ini). Tidak gampang orang terbebas dari ketagihan rokok, nonton BF atau marah-marah tak jelas. Jika kita berani bersaksi orang akan takjub dan mulai bertanya bagaimana resepnya. Tidak ada yang mustahil di dalam Yesus. Berdoa dan bertekun maka bersama Yesus kitapun bisa mengusir roh jahat dalam diri kita.

Saudara, Yesus hanya sejauh doa dan usaha kita. Ia lama menunggu kita membuka pintu hati agar Ia bisa masuk dan mengusir roh jahat dalam diri kita. Hanya satu yang perlu kita lakukan, undang Dia masuk dan berikan kewenangan penuh kepada-Nya untuk mengusir kebiasaan buruk kita. Sesudah itu kita akan mengalami kebebasan ruuaaarrr biasa.
Semoga.
Jansi
==============================================================================================
Mrk. 1:21-28
21Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. 22Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 23Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: 24″Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” 25Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” 26Roh jahat itu menggoncang- goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. 27Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya , katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.” 28Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

Leave a Reply

Required fields are marked *.