Fiat Voluntas Tua

Saksi Iman

| 0 comments

karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Pernahkah anda mendapat panggilan untuk menghadap ke Polres untuk diminta keterangannya sebagai Saksi? Hanya karena keteledoran, kami sempat terlupa untuk mengurus hilangnya surat kepemilikan tanah dan bangunan yang kami tempati. Rupanya proses pembuatan SHM yang hilang tidak lagi semudah dulu, bahkan untuk proses pelaporan kehilangan kami harus membuat Berita Acara dan siap dipanggil menjadi saksi karenanya. Selama dipanggil menjadi saksi, saya menceritakan apa yang saya  alami, siapa yang di temui, kapan dan apa yang terjadi kemudian. Kadang kala sebentar bisa selesai, tapi ada juga yang bisa berhari-hari

Sungguh peristiwa serupa ini, menjadi saksi memang bisa melelahkan. Tidak heran, banyak orang tidak mau bersusah payah terlibat menjadi saksi dalam setiap peristiwa apakah itu kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas. Satu persatu mundur dan memilih diam, tidak mau bersusah payah, tidak mau direpotkan dengan urusan berbelit-belit. Bahkan di beberapa kasus ada juga saksi yang berubah status menjadi tersangka.

Apa yang diingatkan Firman Tuhan hari ini akan membawa kita pada konsekwensi setiap perbuatan yang menuntut kesaksian. Kesaksian akan apa yang kita alami secara pribadi, kesaksian akan kehadiran Tuhan akan hidup kita. Dan bukan menjadi saksi dusta, menyaksikan hal yang kita tidak alami atau berbohong karenanya. Kesaksian iman akan kesetiaan kita akan Tuhan bisa jadi dipertanyakan oleh orang-orang disekitar kita. Bahkan mungkin kita dinilai aneh sendiri bila tidak terlibat dalam praktek kolusi, korupsi dan nepotisme dimana hampir semua orang melakukannya. Teman yang kita anggap kawan dekat, bisa menganggap kita musuh dalam selimut karenanya.

Maka sebelum hal itu terjadi, sebelum kita masuk dalam hal-hal yang menuntut komitment yang lebih berat, marilah kita membiasakan diri untuk setia pada hal-hal yang kecil, setia pada komitmen awal dalam pernikahan, janji baptis dan sumpah jabatan.

=================================================================

Matius 10:17-22

Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Leave a Reply

Required fields are marked *.