Fiat Voluntas Tua

Jangan Tidur

| 1 Comment

Hal ini Kukatakan supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan sampai kamu didapatinya sedang tidur.

pb290065Dalam acara perayaan dwi dasawarsa SEP Shekinah kemarin, Romo Sugiri v.d. Heuvel SJ (78 th) sang pendiri, tidak pernah membayangkan akibat dari ide ‘gila’nya mendirikan Sekolah Evangelisasi Pribadi. Dalam 20 tahun SEP Shekinah telah melahirkan lebih dari 13,000 alumni KEP dan SEP. Para alumni tersebar di berbagai paroki dan kelompok kategorial. Para pastor paroki mengakui manfaat KEP bagi dinamika lingkungan dan hidup menggereja. Jumlah tersebut tidak termasuk dengan para alumni diluar KAJ dimana tim pengajar SEP Shekinah diminta membantu merintis KEP di berbagai Keuskupan.

Selama berkarya sebagai imam belanda yang mengalami berbagai tekanan jaman itu, sempat terpatri dalam pikirannya bahwa memberitakan Injil tidak perlu menyebut Yesus. Sehingga selama bertahun-tahun  mengisi siaran radio bahkan memberikan pelajaran agama, ia hanya mengajarkan budi pekerti. Tidak pernah menyebut Jesus. Pandangannya berubah total saat mengikuti pertemuan ICCRES di Singapura tahun 1982. Its all about Jesus. Tidak ada penginjilan yang dilakukan tanpa mengisahkan tentang Jesus. Konsep story telling, narrative theology, mengisahkan perjalanan iman bersama Yesus, adalah cara terbaik yang menghidupi setiap insan kristiani. Sekali kita berhenti berkisah dan bersaksi tentang Yesus maka roh kita pun pelan tapi pasti akan mati. Kita bisa melihat berbagai institusi, ormas, perkumpulan doa bahkan pertemuan lingkungan yang tidak memiliki gairah untuk bersaksi tentang Yesus, kehilangan ‘passion’, pelan-pelan karyanya meredup dan akhirnya mati dan tertidur.

Kata siapa orang katolik tidak perlu bersaksi tentang Yesus? Paus Paulus VI mengatakan bahwa manusia zaman sekarang lebih tertarik kepada kesaksian mengenai pengalaman iman akan Tuhan Yesus daripada kepada teori (Evangelii Nuntiandi 41). Kisah tak pernah berhenti sebagai kisah. Kisah menjadi kisah sejati bila dituturkan dan diceritakan kembali dan didengarkan. Kisah sharing atau pengalaman iman inilah yang menjadi sangat berguna dalam misi evangelisasi.

Maka bagi kita yang telah menerima rahmat pembaptisan sebagai pengikut Kristus, kita tidak pernah akan pensiun, istirahat bahkan tertidur untuk mengisahkan kesaksian iman kita akan Kristus. Kita bersaksi lewat kata dan perbuatan, baik langsung maupun tidak langsung dalam berbagai kesempatan yang ada. Dimanapun dan kapanpun juga. Persis seperti kata Santo Paulus : Celakalah aku, jika aku tidak mewartakan Injil (1 Kor 9:16).

Mari kita mempersiapkan dan membekali diri menjadi pemberita Kabar Keselamatan yang tidak pernah terlena akan kesibukan sehari-hari, sehingga tertidur dan lupa akan tugas utamanya: mengisahkan kasih Kristus. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan rahmat agar tidak lengah dan tetap siaga melihat setiap kesempatan untuk mewartakan kasih Tuhan.

====================================================================

BACAAN Mrk 13:33-37

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid- Nya, “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba. Ibaratnya seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing sesuai dengan tugasnya, dan memerintahkan supaya penunggu pintu berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah itu pulang: Menjelang malam atau tengah malam, atau larut malam atau pagi-pagi buta. Hal ini Kukatakan supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan sampai kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: Berjaga-jagalah! “

One Comment

  1. BERKAH DALEM Romo,Nun sewu kulo nyuwun pitulung kangem tanggal 25 untuk kunjungannya ke paroki saya Paroki Keluarga Kudus cibinong Punya hajat Pesta Perak

Leave a Reply

Required fields are marked *.