Fiat Voluntas Tua

Mgr Sylvester San Tungga : Uskup Baru Keuskupan Denpasar (Mgr Puja)

| 11 Comments

Teman-teman Ytk.,

SMS telah saya terima dari Nuncio, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Leopoldo Girelli tentang pengangkatan Rama Sylvester San Tungga menjadi Uskup Keuskupan Denpasar Bali.


“Excellency, I am pleased to inform you that the Holy Father has appointed as Bishop of Denpasar the Rev. Silvester San, currently Rector of Major Seminary, Ritapiret. The announcement is today, noontime in Rome, 6.00 PM in Jakarta. Until that time the news is embargoed. Regards, Nuncio”, 22/11/2008 8:52 am


Siang hari baru saya haturkan limpah terimakasih kepada Nuncio atas informasi tersebut.

“Your Excellency, thanks a lot for the information. May God be glorified. Best regards,” + J. Pujasumarta 22/11/2008 11:28 am

Pengangkatan Uskup Keuskupan Denpasar terjadi karena Tahta Keuskupan Denpasar kosong sejak wafat Mgr. Benjamin Yosef Bria di RS Mount Elisabeth Singapura, 18 September 2007, pada usia 51 tahun.

Rama Sylvester San Tungga menjadi Rektor Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret yang dibangun pada tahun 1955.

Semoga Tuhan dimuliakan, dan dengan demikian seluruh alam raya bersuka cita dalam Tuhan. Proficiat umat Keuskupan Denpasar Bali. Salam, doa ‘n Berkat Tuhan,

11 Comments

  1. selamat atas pengangkatan romo San, terus terang sebagai orang bajawa/ngada/nagekeo, ini peristiwa besar karena pertama kali ada putranya terpilih sebagai uskup, maaf bukan menyangkal universalitas/ke khatolikan , tapi sekedar expresi dari kegembiraan saya. seminari mataloko di Ngada, menghasilkan belasan uskup, eh belum ada yang orang bajawa/nagekeo.
    provisiat Mgr San, kami berdoa untukmu, dan doakan kami pula. Oremus pro in vicem.
    Bapa Guru, Bapk Piet kleopas, bapak alm Kanis riberu di mataloko pasti bangga 1 tunas berkhmawan telah mendapat rahmat untuk menjadi uskup.

  2. Proficiat Kae Romo San, atas rahmat istimewa yang dianugerahkan Tuhan, kepada Anda. Semoga Tuhan, sang gembala agung menyertai Anda dalam tugas kegembalaan itu.
    Salam Maxi Ali

  3. SELAMAT!!!!!!ka’E Romo,,,,GOD Bless YOU Always n Forever

    MoatH
    Denpasar

  4. Proficiat Rm. Silvester. Saya turut berbangga dan bahagia atas terpilihnya romo sebagai Uskup Denpasar. Pemilihan romo juga merupakan berkat bagi kita semua. Semoga Kasih setia Tuhan menyertai romo dalam tugas penggembalaannya. (Sr. Inosensia, OP asal keuskupan Maumere)

  5. Proficiat dan Selamat kepada Rm San Saya senang sekali mendengar kabar ini beberapa waktu lalu dari adik saya Rm. Babey Pr, di Keuskupan Denpasar. Sosok seperti Rm San sangat cocok menjadi gembala umat di tengah umat yang sangat pluralitas seperti KD, Selamat. Semoga YME senantiasa membimbing Romo dalam tugas yang maha berat ini.

    thanx
    alfred wempy sek.
    maumere

  6. Jika dibandingkan dengan tugas jurnalistik yang pernah saya lakukan, maka saya kira ini menjadi salah satu tugas yang tak akan mungkin saya lupakan. Setelah mendapat kabar bahwa saya menjadi salah satu panitia tabhisan Uskup Denpasar, tak terbersit dalam diri saya untuk kemudian memanggul tugas menuju Flores menemui Bapa Uskup. Pengetahuan tentang Bapa Uskup teramat minim dalam diri saya. Memang sewaktu bersekolah di SMP Seminari Mataloko, nama Rm San, Pr sudah terdengar tapi sesungguhnya saya sama sekali tak pernah tahu menahu dan bertemu muka secara langsung dengan beliau.

    Saya kemudian dipercayakan oleh tim pengerjaan buku kenangan yang dikoordinir oleh Rm Venus Dewantoro, Pr mewawancarai Uskup San langsung ke Ritapiret. Setelah mempersiapkan segala hal dan berbekal surat tugas yang ditanda tanagi oleh Rm Administrator Keuskupan denpasar, persis tanggal 9 Januari 2009 saya pun berangkat menggunakan pesawat Merpati menuju Kota Maumere. Saya tiba di Maumere pukul 14.00 Wita (Simak sajian lengkap hasil perjalanan jurnalistik ini dalam Buku kenangan tabhisan Mgr DR Silvester San, Pr)

  7. Terima kasih Tuhan akhirnya mengirimkan Uskup San menjadi uskup denpasar. Tersenyumlah selalu Bapak Uskup. Umat mu mencintaimu.

  8. Selamat atas tugas mulai yang akan diemban dan Tuhan memberkati setiap pelayanan dan kesaksian,salam dan doa kepada Romo San.

  9. Sebagai putra kampung Liwo wilayah paroki Maukeli turut berbahagia dan bangga dengan ditahbiskan Romo Silvester San, Pr sebagai Uskup Denpasar. Semoga Tuhan selalu melindungi dan meberkati romo dalam karya dan pelayanan gereja. [www.babomogi.com]

  10. Sajak Kepada Kawan

    “Gembalakanlah domba-dombaku.”
    Bibir Tuhan mengguntur meluruh waktu
    Kebijaksanaan Allah turun ke Pantai Gunung
    Selimut dingin Toda Belu diterangi cahaya senter
    Kala teman sudah lelap
    “Sang uskup kecil ngilmu kebijaksanaan”
    Seakan bermain petak umpet dalam gelap kamar tidur.
    Rupanya Pater Yan Koslowski tak sanggup menghadang siagamu
    Menguping guntur Sang Sabda,
    Meluruh halilintar ke dalam genggam tanganmu,
    Sebuah tongkat “Padang Gembalaan Pulau Dewa-Dewi.”
    Untukmu terukir sebuah nama yang bernama
    Kawan yang bisa dilupakan, namun dikau temanku
    Ukirlah nama Tuhan di hati umatmu.

    Dari Albertus Bongo

  11. selamat atas terpilihnya MGR.SILVESTER SAN menjadi uskup denpasar ke 6 .semoga tuhan membimbing yangmulia sampai selama lamanya.bapak uskup umat mu menanti dari organisasi misdinar rumah khalwat.

Leave a Reply

Required fields are marked *.