Fiat Voluntas Tua

Tugas Merasul (Rm Ign. Sumarya SJ)

| 0 comments

“Pergilah dan beritakanlah”

Sebagai orang beriman, entah agamanya apa, pada umumnya memiliki tugas untuk merasul atau pewartaan, yang menurut umat Islam disebut ‘dakwah’. Dalam praksis tugas tersebut sering dipersempit atau menyempit untuk mencari tambahan pengikut agama masing-masing, pada jika kita bercermin pada sabda Yesus hari ini tugas rasul adalah “mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan” atau “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat”. Jika yang menjadi sasaran utama merasul atau ‘dakwah’ adalah pertambahan jumlah pengikut maka terjadilah gesekan-gesekan yang berkembang menjadi ketegangan dan permusuhan di antara umat beragama.

Maka marilah dimensi rasuli iman/hidup beragama kita dihayati sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Yesus tersebut. Berbagai bentuk kejahatan atau kebejaran moral pada masa kini yang masih marak rasanya terjadi karena masih banyak orang dikuasai oleh roh jahat, sakit atau lemah hati, jiwa maupun akal budinya alias tidak dirajai atau dikuasai oleh Sorga/Allah. Roh-roh jahat telah menguasai manusia, yang akhirnya menjadi nyata dalam bentuk “ percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.”(Gal 5:19-21)

Maka marilah dalam menghayati atau melaksanakan tugas rasuli atau ‘dakwah’, kita bersama-sama atau bergotong-royong sebagai umat beriman atau antar agama untuk memerangi dan memberantas kejahatan-kejahatan tersebut. Dan untuk itu rasanya harus kita mulai dari kelompok yang terkecil lebih dahulu, yaitu keluarga kita masing-masing, kemudian meluas atau berkembang ke tingkat RT (Rukun Tetangga), dst.., sedangkan bagi para pekerja atau pegawai hendaknya ditempat kerja masing-masing gerakan tersebut dimulai sebelum melangkah ke masyarakat luas; hal yang sama bagi rekan pelajar atau mahasiswa, hendaknya gerakan dimulai di lingkungan pelajar atau mahasiswa sebelum berdemo, dst.. Semoga kerbersamaan hidup kita dimanapun dan kapanpun senantiasa dirajai atau dikuasai oleh Allah.

=====================================================================

Bacaan Mat 10:1-7

“Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat

Leave a Reply

Required fields are marked *.