Fiat Voluntas Tua

No Parno

| 3 Comments

Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.

Apa sih yang tidak membuat manusia takut menghadapi kehidupan sekarang ini? Takut inflasi, takut PHK, takut gak kebagian proyek, masa depan yang buram, takut kehilangan jabatan; buat yang muda takut gak lulus, takut gak dapat pakerjaan sampai saat masuk usia panik … takut gak dapat jodoh.

Kalau kesempatan semakin kecil maka berbagai cara dilakukan untuk ‘survive’; sebagaimana hukum alam yang dikenal “survival for the fittest”. Hukum alam berlaku dimana yang kuat yang menang. Yang lemah pun mencari cara agar selamat. Mereka yang masuk golongan ‘panik’ atau parno (paranoid) mencari berbagai cara baik yang logis sampai yang tidak logis. Ada juga yang jeli melihat kesempatan dalam kesempitan dan menciptakan kreatifitas baru.

Injil hari ini mengingatkan kita bahwa suatu saat iman kita dipertaruhkan pada suatu pilihan yang makin lama makin sulit bahkan mungkin mempertaruhkan jabatan, kekayaan bahkan hidup kita sendiri. Iman tanpa perbuatan adalah mati, tidak ada artinya. Ketulusan dan kejujuran juga tidak bisa ditutupi dengan topeng perbuatan baik. Yang buruk dan tersembunyipun pasti akan terbongkar. Sementara itu diantara tiadanya harapan, ditengah kegelapan justru suara kenabian harus terus menerus diberitakan.

Tidak satunya kata dan perbuatan tidak hanya berakibat di kehidupan di bumi saja, but Somebody is watching us… dan Dia akan memberlakukan hal yang sama seperti kita memperlakukan Sang Pencipta dalam kehidupan kita. Jadi jangan lah takut pada apapun di dunia ini selain pada Dia yang memiliki dan menentukan kehidupan kita.

Semoga kita tetap memiliki semangat pembaharuan dari Roh Kudus agar dengan berani berkata dan bertindak membawa suara kenabian ditengah berbagai kesulitan dan tantangan.

PS: Thx untuk semua doa bahkan ujub Misa serta email, sms dan kunjungan untuk kesembuhan saya. Ternyata saya masih perlu bed rest akibat cubitan nyamuk DB. I thank God for the friendship. GBU

===================================================================

Bacaan Mat 10:26-33
10:26 Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
10:27 Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.
10:28 Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
10:29 Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.
10:30 Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya.
10:31 Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
10:32 Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga.
10:33 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.

3 Comments

  1. Benar sekali apa yang menjadi renungan hari ini, dimana setiap orang takut dan parno. Karena hal itu terjadi pada teman yang paling dekat yaitu istri saya, dimana dihantui oleh rasa takut bersalah dan khawatir jika terjadi yang tdk dikehendaki pada anak kami. Anak kami adalah pemberian dan titipan TUHAN dan usianya hampir mencapai 4 tahun. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih pada TUHAN atas segala anugerah yang diberikan pada kami, sehingga anak kami diberi nama GRACE AMELIA S. Kekhawatiran , ketakutan memang selalu menjadi momok yang menakutkan dan selalu mengganggu dalamkehidupan kita. Saya secara pribadi selalu katakan kpd istri saya agar pasrah saja pada TUHAN, krn DIA tdk akan membiarkan anak kita sengsara dan akan memberikan jalan yang terbaik. Tetapi kami selalu bersyukur pada TUHAN bhw tidak ada yang mustahil bagi TUHAN. Kami percaya bhw apa yang sedang kami jalani semuanya adalah kehendak TUHAN. Kami selalu berdoa agar kami selalu dilindungi dan diperkuat iman kami agar tetap percaya bhw DIA lah satu-satunya TUHAN yang ajaib dan yang patut disembah. Puji syukur dan hormat kami panjatkan semuanya pada TUHAN kami, yang hidup selama-lamanya. Amien .GBU- David – Fitri

  2. ibu,
    dulu saya punya ritual, setelah bangun dari tidur (pagi hari) mesti baca koran, atau nonton berita di TV. Dan seharian terus sj ngikuti berita… Tapi akhir2 ini saya mulai mengurangi konsumsi berita. Awalnya karena takut dengan berita yang ada; dari Kenaikan BBM+dampaknya, Kurang Gizi, Antre BBM, Demo, Perampokan di mana-mana, mutilasi, dan pelanggaran HAM, juga bencana alam yang aneh…
    jadi ingat Matius 24…
    pola ini mulai berubah setelah saya baca Manna Sorgawi, cuma baca2 biasa lalu jadi wajib karena renungannya enak dibaca dan diaplikasi. Dan segera saya sadari, dengan membaca+merenungkan bacaan Injil melalui buku2 permenungan, saya makin bersemangat dalam membaca Kitab Suci, semakin dikuatkan dalam menjalani kehidupan setiap hari.
    Saat mata terbuka di pagi hari, Firman Tuhan andalan saya, bukan lagi berita di TV atau koran. Dan dalam menanggapi berita yang ada saya jadi lebih bijaksana, tidak ada ketakutan lagi (di dalam Kasih tidak ada ketakutan), sebab hati, pikiran dan jiwa saya sudah dimatereikan oleh Firman-Nya.
    teri

  3. Apakah “Parno” dapat di hilangkan ?

    Barangkali artikel Paranoid berikut berguna >> Paranoid ?

Leave a Reply

Required fields are marked *.